Cara Jitu Mencari Supplier, Tangan Pertama!

Anda sedang berencana untuk memulai bisnis toko online dan telah menemukan beberapa ide bisnis yang sesuai, seperti menyediakan salah satu dari banyak produk yang banyak dicari di pasar. Namun kemudian terngiang dengan beberapa pertanyaan:

“Bagaimana cara menemukan supplier produk untuk bisnis saya?”
“Apakah lebih baik bekerja dengan supplier di dalam atau di luar negeri?” 
“Bagaimana saya tahu apakah supplier itu terpercaya?”

Banyak pengusaha merasa stagnan ketika harus mencari supplier produk untuk bisnis mereka, karena produk yang bagus memang tak mudah untuk ditemukan. Dalam postingan kali ini, kami akan memberi Anda insight bagaimana kiat-kiat mencari supplier produk yang tepat. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya pahami dulu tipe-tipe supplier yang ada.

  • Supplier yang bisa menyediakan produk secara custom untuk bisnis Anda sendiri. 
  • Supplier yang juga bersifat sebagai produsen, menyediakan produk-produk secara grosir atau menjual produk jadi dengan nama brand tertentu. 
  • Perusahaan dropshipping yang memasok produk dan memenuhi pesanan brand dengan produk jadi. 

Supplier Produk Domestik VS Supplier Luar Negeri 

Jika Anda berencana untuk menjual produk dalam jumlah yang besar, maka Anda harus memutuskan apakah ingin memasok produk dari supplier domestik atau luar negeri. Biasanya supplier produk dari luar negeri hadir dengan harga yang jauh lebih murah terutama jika supplier tersebut berasal dari negara-negara Asia seperti Cina, India, dan Taiwan. 

Merupakan ide bagus jika Anda menggunakan keduanya, supplier domestik dan supplier luar negeri. Anda dapat menjadikan supplier luar negeri sebagai supplier utama dan supplier domestik sebagai pemasok cadangan jika ada keterlambatan pengiriman atau kesalahan produk. 

Tips Mencari Supplier Produk 

Langkah pertama untuk menemukan supplier produk adalah dengan melakukan riset. Menemukan supplier produk yang tepat adalah langkah penting yang dapat menjadi penentu kesuksesan bisnis di masa datang. Ada beberapa platform yang direkomendasikan supaya Anda bisa melakukan riset demi mendapatkan supplier produk yang tepat. 

1. Alibaba 

Alibaba menghubungkan Anda dengan berbagai produsen dari China. Ini adalah platform supplier produk paling umum untuk menemukan produk jadi maupun membuat produk khusus. Sangat mudah untuk membeli dari Alibaba dengan aman, karena di sini Anda bisa dengan mudah melakukan riset siapa produsen produk yang diinginkan. Saat melakukan riset di Alibaba, pastikan supplier produk tersebut memiliki kualifikasi berikut: 

  • Gold supplier, yang artinya mereka rutin membayar keanggotaan Alibaba mereka. 
  • Terverifikasi, artinya perusahaan pihak ketiga Alibaba yang bertugas untuk evaluasi telah mengunjungi fasilitas manufaktur mereka. 
  • Jaminan perdagangan, layanan gratis yang melindungi pesanan Anda dari pembayaran dan pengiriman. 

2. Direktori 

Tempat lain untuk mencari supplier produk adalah “free online supplier directories”. Direktori ini bertindak sebagai katalog supplier yang berisi ratusan hingga ribuan supplier produk. Berikut beberapa direktori yang paling populer untuk supplier domestik maupun luar negeri. 

3. Rujukan

Beberapa supplier terbaik biasanya datang dari referensi. Jangan ragu untuk meminta koneksi di jaringan profesional Anda bila mereka memiliki rekomendasi supplier produk yang terpercaya. Carilah sosok yang sudah sukses di bidang yang ingin Anda kejar, jejaring sosial membuat informasi ini lebih mudah untuk didapatkan. Anda bisa bergabung dengan grup Facebook dan komunitas online pemilik bisnis e-commerce untuk menemukan ulasan yang bagus tentang supplier produk terbaik dan terpercaya.

4. NAICS (North American Industry Classification System)

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menemukan supplier produk yang tepat adalah dengan mencari produk Anda menggunakan kode NAICS yang merupakan klasifikasi dalam Sistem Klasifikasi Industri Amerika Utara. Sistem NAICS dikembangkan untuk digunakan oleh Badan Statistik Federal untuk pengumpulan, analisis, dan publikasi data statistik yang terkait dengan Ekonomi AS. Terkadang para supplier produk mencantumkan produk dengan kode NAICS mereka agar mudah ditemukan, terutama jika menggunakan direktori profesional. Anda bisa cek kode NAICS USA di NAICS code dan link untuk Canada di NAICS code.

Periksa juga Better Business Bureau (BBB) ??untuk melihat apakah ada keluhan yang diajukan, telusuri ulasan halaman Facebook pabrik supplier, dan cek di halaman uasan Google bagaimana reputasi supplier produk tersebut.

Setelah Anda menemukan beberapa supplier produk yang diinginkan, Anda bisa berdiskusi untuk kebutuhan lanjutan melalui Email, Skype, WeChat. Jangan lupa untuk meminta sample order sebelum memutuskan untuk memproduksi produk di supplier yang Anda inginkan. Terakhir, setelah melakukan pemesanan, lakukan pemeriksaan untuk quality control demi memastikan seluruh produk yang dikirimkan sesuai dengan standar Anda. 

Mencoba menemukan supplier yang cocok adalah keputusan penting untuk bisnis baru Anda, dan mereka tidak selalu mudah ditemukan. Butuh sedikit lebih banyak kesabaran dan ketekunan untuk menemukan pasangan sempurna bagi bisnis Anda. Namun jika Anda mencari pasangan sempurna untuk memfasilitasi berbagai metode bayar favorit pelanggan, tentu saja Durianpay jawabannya! Hanya dengan satu integrasi, semua metode bayar bisa teratasi. 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts