Mengapa Penting Daftar Bisnis Online?

Sudah sejak lama keberadaan jaringan internet dapat mendukung operasional bisnis. Mulai dari pengiriman dokumen, komunikasi antar perusahaan, hingga operasional pendataan barang di gudang. Untuk proses penjualan dan transaksi, semua dilakukan secara manual dan offline. Kini, keadaan sudah jauh berubah. Peran internet semakin  meluas, sehingga tidak cuma mendukung operasional bisnis, tapi juga mampu mengembangkan bisnis. Pertanyaannya sekarang adalah, sejauh mana internet dapat mengembangkan bisnis Anda? Apa saja yang bisa didapatkan saat Anda mendaftarkan UMKM online?

Memperluas Pasar

Dengan mendaftarkan bisnis ataupun UMKM secara online, Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dari yang awalnya toko konvensional yang hanya mampu melayani pelanggan di sekitarnya, jadi mampu melayani pelanggan dari seluruh wilayah di Indonesia. Potensi keuntungan yang Anda dapatkan pun jadi makin besar.

Anda juga dapat melayani lebih banyak pelanggan jika sudah daftar UMKM online. Misalnya, Anda sebelumnya, hanya dapat menjual baju batik karena orang di daerah Anda lebih suka memakai batik. Tetapi, dengan memulai bisnis online Anda juga dapat menjual kaos dengan model terkini karena di luar daerah Anda banyak pelanggan yang berminat menggunakan produk tersebut.

Menghemat Biaya Operasional

Memulai bisnis online sama artinya dengan memotong biaya operasional secara signifikan. Mengapa demikian? Bisnis online tidak membutuhkan toko offline untuk menyimpan ataupun memajang barang dagangan. Anda perlu menyediakan gudang di rumah Anda, foto yang bagus, lalu unggah foto tersebut beserta deskripsi, spesifikasi, hingga harga produk. Sangat simpel dan mudah! 

Dengan berjualan di toko online, Anda tidak perlu lagi tempat khusus memajang barang dagangan. Biaya sewa toko dan gaji penjaga toko pun dapat dipangkas. Operasional bisnis makin efisien sehingga keuntungan pun dapat makin banyak. Tidak hanya itu, dengan berjualan di toko online, Anda dapat mengendalikan semuanya dari rumah.  

Menggaet Pelanggan Baru

Saat toko Anda sudah daftar UMKM online, maka toko Anda dapat terlihat oleh lebih banyak orang. Tak cuma pelanggan setia yang mengunjungi toko Anda secara rutin, pelanggan yang sama sekali belum tahu toko Anda pun dapat melihat toko serta barang-barang di dalamnya. Anda akan menemukan calon pelanggan yang memang dengan sengaja mencari barang yang mereka inginkan dengan mengetik kata kunci di search bar. Setelah itu, barang dagangan Anda akan muncul beserta barang dagangan di toko-toko lain. 

Setelah itu Anda tinggal memikirkan cara bersaing dengan barang dari toko-toko online yang lain. Bisa dengan melakukan promosi berbagai di berbagai platform ataupun dengan membangun reputasi toko secara organik, misalnya dengan strategi SEO (search engine optimization) ataupun meminta komentar positif atau testimoni dari pelanggan. 

Baca juga: 3 Cara Berjualan di TikTok untuk Pemula

Cara Daftar UMKM Online

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa UMKM Anda harus terdaftar secara online, kini saatnya kita membahas cara daftar UMKM online. Ada banyak cara mendaftarkan bisnis Anda secara online, mulai dari membuat toko online sendiri melalui website, aplikasi, hingga toko online di WhatsApp. Selain itu Anda juga dapat membuat toko online di platform e-commerce terkemuka. 

Jika Anda membuat toko di e-commerce, maka Anda tinggal mendaftar dan mengisi formulir yang dibutuhkan. Setelah itu Anda tinggal upload foto, deskripsi, hingga harga barang. Lanjutkan dengan promosi barang dagangan baik secara berbayar maupun secara gratisan.

Untuk membuat toko online sendiri, Anda perlu merancang website khusus untuk jualan online. Menyiapkan gambar-gambar dagangan, memikirkan desain website, hingga merancang sistem pembayaran. Untuk rancangan dan desain, Anda tak perlu pusing memikirkan dan melakukannya semua sendiri. Kini sudah banyak penyedia template website e-commerce yang dapat Anda pilih. Anda juga dapat mempekerjakan web designer serta programmer, sesuai dengan anggaran yang tersedia.

Untuk sistem pembayaran, Anda dapat menggunakan layanan payment aggregator Durianpay. Berbagai metode pembayaran mulai dari transfer bank hingga e-wallet dapat terlayani. Semuanya hanya memerlukan satu integrasi serta satu dashboard untuk mengontrolnya. Mudah dan nyaman, bukan? 

Kemudahan yang sama juga dapatkan, jika membuat toko sendiri di platform aplikasi sendiri maupun di Whatsapp. Durianpay juga dapat melayani Anda dengan membuatkan link pembayaran Instapay. Dengan satu klik maka semua metode pembayaran terselesaikan.

Total
0
Shares
Related Posts