Cara Mencegah Penipuan Online Untuk Bisnis

Penipuan di ruang siber menjadi resiko yang tidak terelakan oleh pebisnis masa kini. Tahukah Anda, jika toko online di Amerika mengalami kerugian hingga US$ 3.5 miliar karena kasus penipuan siber? Pertumbuhan industri e-Commerce yang cepat, membuat toko online di Indonesia menjadi incaran banyak fraudster (penipu online) dengan berbagai motif. Penipuan sering kali berhasil karena adanya faktor human error. Maka penting untuk memiliki cara jitu mencegah penipuan online, simak 4 cara jitu di bawah ini!

Mempelajari Ragam Penipuan Online

94% penipuan online terjadi melalui email. Dalam sehari, Gmail dapat memblokir 18 juta malware dan email phishing. Gmail mampu memblokir sekitar 99,9% email phishing setiap hari, namun 0,1% sisanya masih bisa menembus filter spam yang telah disediakan oleh Google. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mencegah penipuan online dan untuk memperkecil peluang menyusupnya malware/email phishing antara lain:

  • Rutin melakukan update operasi sistem dan antivirus pada komputer/laptop. 
  • Amankan jaringan perusahaan dan rumah.
  • Gunakan kata sandi yang kuat, Anda bisa memanfaatkan password manager seperti LastPass dan Google Authenticator. 
  • Sebelum memasukkan detail informasi yang mengandung privasi, pastikan halaman website tersebut memiliki “https://” dan simbol gembok di kolom domain. 

Penipuan tidak hanya terjadi melalui email, walaupun presentase penipuan melalui email tergolong tinggi. Phising adalah salah satu dari banyak cara penipuan online. Selain itu ada vishing, smishing, dan juga impersonation. Mencegah penipuan online tidak hanya bermanfaat untuk bisnis Anda. Ketiga jenis penipuan lainnya berbahaya dalam bisnis online dan pelanggan Anda, karena cara-cara tersebut bekerja dengan cara mencuri data untuk melakukan transaksi tidak sah atau memperjual belikan data bisnis Anda maupun pelanggan Anda.

Belajar Sistem Social Engineering

Social engineering adalah manipulasi psikologis yang dapat membuat seseorang mau memberikan informasi pribadi mereka. Umumnya social engineering akan melibatkan beberapa trik seperti manipulasi pengguna agar mau membocorkan informasi rahasia. kredensial login, informasi keuangan, menginstal perangkat lunak berbahaya, atau memberikan akses ke komputer atau perangkat lain. 

Umumnya penjahat menggunakan teknik social engineering untuk mendapatkan informasi tentang karyawan melalui situs web dan jejaring sosial. Informasi ini kemudian digunakan untuk membuat model penipuan yang meyakinkan demi mengelabui karyawan Anda agar melakukan tindakan yang dapat merugikan bisnis. Mencegah penipuan online bisa Anda lakukan dengan melatih karyawan agar bisa mengenali teknik social engineering seperti spear phishing dan pretexting.

Baca juga: Payment Link: Pengertian dan Cara Kerjanya!

Miliki Sistem Transaksi Yang Aman

Memiliki sistem transaksi yang aman dan mudah dikontrol jadi kunci utama untuk mencegah penipuan online pada bisnis. Dalam hal ini, Durianpay adalah jawaban untuk bisnis Anda. Sebagai payment aggregator, Durianpay membantu Anda memeriksa rincian informasi untuk diteruskan ke bank dengan tujuan untuk mencegah penipuan. Seluruh aktivitas bisnis Anda dapat dipantau dalam 1 dashboard, menerima transaksi, melakukan refund secara real time, hingga memantau aktivitas pelanggan. 

Transaksi yang tidak teratur sering kali membuat penipuan marak.

Payment adalah salah satu metode pembayaran berupa link yang memungkinkan konsumen Anda untuk melakukan pembayaran dengan variasi metode bayar, seperti e-wallet, bank transfer, dan sebagainya. Payment Link bersifat lebih aman karena setiap link yang Anda buat adalah unik. Keunikan setiap link ini yang akan mencegah penipuan online baik transaksi atau pencurian data. Dengan aktivasi payment link Durianpay juga Anda akan langsung menerima notifikasi di setiap transaksi berhasil. Sehingga tidak ada lagi modus dari konsumen yang mengatakan sudah melakukan pembayaran padahal nyatanya belum. 

Lantas bagaimana cara aktivasi payment link Durianpay untuk bisnis? Klik halaman ini, dan nikmati kemudahan menerima pembayaran instan, tanpa integrasi!

Total
0
Shares
Related Posts