Mengenal Paylater: Keuntungan dan Kekurangannya!

Perkembangan teknologi digital membuat berbagai transaksi ekonomi jadi semakin mudah. Salah satunya metode pembayaran paylater. Metode pembayaran paylater ini makin banyak digunakan berbagai bisnis, terlebih platform e-commerce. Berbagai promo berkaitan dengan fitur ini pun diberikan untuk menambah pengguna.

Dan seiring waktu, pelanggan pun menyambut baik kehadiran paylater. Metode pembayaran paylater menawarkan kemudahan saat belanja online. Meskipun begitu, metode pembayaran ini tetap saja memiliki risiko yang harus diperhatikan. Lantas, apa itu paylater? Mari kita kupas lebih dalam!

Apa itu Paylater?

Paylater merupakan metode pembayaran yang menawarkan angsuran ketika membeli produk melalui suatu platform tanpa perlu menggunakan kartu kredit. Biasanya metode ini banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan digital dan start-up sebagai salah satu alternatif pembayaran. 

Perusahaan digital yang bersangkutan akan menalangi pembayaran lebih dahulu saat Anda membeli produk. Kemudian, Anda akan membayar tagihan sesuai dengan tanggal jatuh tempo pada bulan selanjutnya, jangka waktu pembayaran pun dapat disesuaikan dengan tenor yang dipilih. Tahukah Anda? Paylater merupakan salah satu tren metode pembayaran tahun 2022 

Keuntungan Menggunakan paylater

Selain kemudahan, menggunakan paylater juga memiliki banyak keuntungan. Dan keuntungan inilah yang membuat pada pelanggan mau menggunakan paylater. Ini dia keuntungan metode pembayaran untuk bisnis.

1. Proses pengajuan aplikasi paylater mudah

Mulai dari proses pendaftaran, hingga mengajukan aplikasi paylater, keduanya mudah untuk dilakukan. Tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia di aplikasi paylater yang Anda gunakan.

2. Dapat digunakan kapan dan dimana saja

Seluruh proses pengajuan aplikasi paylater dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan paylater kapan dan dimana saja saat dibutuhkan terutama dalam keadaan mendesak.

3. Tenggat waktu fleksibel dan bisa tanpa bunga

Setiap penyedia layanan paylater menawarkan berbagai tenggat waktu (tenor) yang berbeda. Biasanya, masa tenor yang ditawarkan adalah tiga sampai dua belas bulan dan beberapa penyedia layanan paylater juga menawarkan pinjaman tanpa bunga.

Baca Juga: Ini Dia Payment Gateway Terbaik untuk Aplikasi Toko Online Anda!

Kekurangan Menggunakan Paylater

Selain kelebihan, pengguna paylater juga perlu memahami beberapa kekurangan metode pembayaran paylater. Dengan mengetahui kekurangan, Anda jadi lebih bijak dalam menggunakan metode pembayaran paylater. Apa saja kekuranganya?

1. Menjadi lebih konsumtif

Kekurangan pertama dari menggunakan paylater adalah dapat membuat Anda menjadi lebih konsumtif. Dengan adanya bunga rendah dan berbagai tawaran yang menarik lainnya, Anda dapat hilang kendali dan akhirnya memberi produk yang diinginkan begitu saja, tanpa diperhitungkan dengan matang.

2. Tagihan pembayaran membengkak

Kerugian dari menggunakan paylater selanjutnya adalah membuat tagihan pembayaran membengkak. Oleh karena itu, sebelum menggunakan paylater sebaiknya pilih dengan bijak apa saja produk yang Anda butuhkan secara mendesak.

3. Riskan

Terakhir, masalah keamanan. Apabila dibandingkan dengan kartu kredit bank, keamanan dari paylater masih tergolong rendah. Tidak sedikit penyedia layanan paylater yang menawarkan berbagai penawaran menarik, namun tidak menjamin keamanannya. Oleh karena itu, pastikan aplikasi paylater yang Anda gunakan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melakukan transaksi dengan menggunakan metode pembayaran paylater memang sangatlah mudah. Tidak heran jika Anda juga perlu menyediakan opsi ini untuk para pelanggan Anda. Tidak perlu pusing! Layanan ini akan segera tersedia di platform payment aggregator Durianpay. Anda dapat mengintegrasikan layanan Durianpay mulai sekarang agar dapat menikmati berbagai pilihan metode pembayaran yang sudah ada.

Total
0
Shares
Related Posts