Mengenal SSL: Fungsi dan Jenisnya!

SSL adalah salah satu indikator yang menunjukkan keamanan sebuah website. Saat ini SSL sudah banyak digunakan karena memiliki banyak sekali manfaat dari berbagai aspek, mulai dari keamanan, SEO, dan lain-lain. Apa itu SSL dan mengapa SSL penting untuk website bisnis Anda? Berikut ulasannya. 

Pengertian SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah teknologi keamanan, sebuah protokol untuk server dan browser web yang memastikan bahwa data yang dikirimkan di website lebih aman dan terenkripsi. SSL menjadi salah satu faktor penting dalam sebuah website, membuat Google Chrome melabeli website tanpa SSL sebagai website “not secure”. Jika perusahaan Anda menuntut pelanggan untuk mengisi informasi pribadi, seperti alamat email, atau informasi pembayaran, maka harus memiliki sertifikat SSL.

Baca juga: Digital Payment: Pengertian dan Manfaatnya!

Jenis SSL

Sertifikat SSL dikategorikan menjadi 3 jenis, berdasarkan tingkat validasi dan enkripsi atau jumlah domain – subdomainnya. 

1. Domain Validation (DV) SSL 

Direkomendasikan bagi bisnis berkembang yang membutuhkan solusi dengan harga terjangkau. Sertifikat SSL level DV adalah yang terendah, hanya memerlukan kepemilikan domain, yakni validasi DNS atau email.

2. Extended Validation (SV) SSL 

SSL termahal dengan tingkat keamanan tertinggi, sangat direkomendasikan untuk bisnis, utamanya website e-commerce. Ciri EV SSL adalah adanya nama bisnis Anda dengan warna hijau pada URL bar dekat nama domain. EV SSL mengharuskan pemilik domain untuk memverifikasi kepemilikan domain dengan dokumen legal, karena biasanya pengguna sertifikat ini adalah badan usaha terpercaya, CV, PT, atau instansi negara. 

3. Organisation Validated (OV) SSL

SSL yang Organization Validated (OV) menawarkan enkripsi tingkat menengah, diperoleh dalam dua langkah. Pertama, CA akan memverifikasi siapa yang memiliki domain dan apakah organisasi tersebut beroperasi secara legal. Tanda website menggunakan OV SSL adalah HTTPS dan gembok berwarna hijau. 

digital nomad asian female young adult working anywhere communication hand using tablet online contact and meeting with new lifestyle cheerful happiness in cafe park garden concentrate focus working

Fungsi SSL Untuk Website Anda

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memasang sertifikat SSL pada domain bisnis Anda: meningkatkan reputasi website agar tampak profesional, mengamankan proses transfer data pada website, meningkatkan loyalitas pengunjung, mengoptimalkan SEO pada website, mengamankan informasi perusahaan & pelanggan, dan meningkatkan penjualan. 

Trik Memilih SSL

Anda pebisnis pemula yang baru pertama kali mengenal SSL? Anda bisa mencoba SSL dan memilih versi gratis. Setelah website berkembang, Anda bisa memilih SSL berbayar jenis DV SSL yang bisa menjaga keamanan detail ogin dan sandi pelanggan. 

Jika Anda memilii website untuk sebuah organisasi atau bisnis dengan skala menengah, maka Organization Validated (OV) SSL adalah pilihan yang tepat. Dengan OV SSL, Anda bisa memastikan kepemilikan domain terdaftar sesuai nama perusahaan/organisasi, lokasi yang valid, dan informasi penting lain. Domain dengan sertifkat OV SSL akan meyakinkan pelanggan tentang keamanan informasi kartu kredit, rekening bank, dan PayPal. Sedangkan Extended Validated (EV) SSL cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis online atau e-commerce karena menawarkan tingkat keamanan yang paling tinggi. 

Selain SSL, Anda juga butuh sistem yang mampu memberikan kepuasaan konsumen dalam memilih metode bayar. Bersama Durianpay, Anda bisa menyediakan variasi metode bayar hanya dengan 1 integrasi. Daftar sekarang!

Total
0
Shares
Related Posts