Password Manager: Apa itu dan Manfaatnya?

Teknologi digital terbukti mampu mempercepat berbagai urusan, mulai dari jual beli, transfer, hingga sekedar mengirim dokumen. Password digunakan untuk mendukung keperluan tersebut. Terkadang saking banyaknya password yang kita punya, kadang kita lupa, sehingga harus mengurus password baru. Tentu hal ini akan merepotkan. Untuk mengatasi hal ini, kini sudah ada platform password manager.

Apa Itu Password Manager?

Pada dasarnya, password manager adalah aplikasi yang berguna untuk menyimpan nama pengguna dan kata sandi untuk berbagai website dan aplikasi. Fungsi utama password manager dapat mempermudah kamu untuk mengelola berbagai password untuk banyak akun, sehingga proses login akan lebih mudah dan cepat.

Security concept with icons on wooden blocks on turquoise background flat lay.

Manfaat Password Manager

Password manager memiliki banyak manfaat. Apa saja ya? Berikut beberapa di antaranya:

1. Hanya perlu ingat satu password

Banyaknya aplikasi dan platform kita gunakan memang membantu, tapi jika lupa password ataupun tertukar tentu sangat merepotkan. Kini, Anda tidak perlu lagi mengalaminya. Semua password akan tersimpan dalam password manager. Jadi, Anda hanya perlu menginat satu password, yakni password pada aplikasi password manager. 

Peristiwa lupa password yang merepotkan tidak akan terjadi lagi. Password manager telah memudahkan hidup Anda. Energi Anda tidak akan habis dan lelah untuk mengingat semua password layanan yang Anda gunakan. 

2. Aman dan nyaman digunakan

Wajar jika Anda bertanya-tanya, apakah aman menyimpan nama pengguna dan password pada aplikasi password manager. Jawabannya tentu aman. Mengapa? Karena semua password aplikasi tersebut dilindungi oleh satu master password yang hanya diketahui oleh Anda sendiri. Master password tersebut juga memudahkan Anda membuka aplikasi-aplikasi di dalamnya. 

Aplikasi password manager juga menyediakan akses konten terenkripsi, sehingga hanya Anda yang benar-benar tahu password serta nama penggunanya. Developer dan programer aplikasinya pun tidak dapat mengakses data-data Anda. 

3. Akses fleksibel

Pemasangan password manager tidak terbatas pada satu aplikasi. Penggunaan password manager tidak akan mengurangi keleluasaan Anda dalam mengakses akun karena Anda tetap dapat mengakses akun sebuah platform meski handphone Anda tertinggal.

Sinkronkan akun di setiap perangkat saat mulai menggunakan password manager untuk mengakses. 

Baca juga: Mengenal SSL: Fungsi dan Jenisnya!

4. Menghindari Password yang Sama Berulang Kali

Dilansir dari How to Geek, penggunaan password yang sama berulang kali untuk beberapa aplikasi sangat tidak disarankan. Pengulangan meningkatkan resiko peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tentu hal ini akan merugikan Anda secara finansial. 

Jika sudah bocor, mereka dapat dengan mudah mengubah password Anda dan menggunakan akun Anda menguras dana Anda, dan banyak tindak kejahatan lainnya. 

Itulah berbagai manfaat password manager. Segera terapkan untuk berbagai akun, agar segera terlindungi. Termasuk jika Anda menggunakan layanan Durianpay, masukkan password dan username Anda di platform tersebut agar makin aman dan terbebas dari masalah lupa password. Selamat mencoba!

Total
0
Shares
Related Posts