Payment Link: Pengertian dan Cara Kerjanya!

Pernahkah Anda berada pada situasi yang mengharuskan Anda membayar tagihan namun harus lebih dulu menelusuri website perusahaan hanya untuk mengetahui bagaimana dan dimana harus melakukan pembayaran tersebut? Bayangkan jika Anda bisa secara langsung berteleportasi ke layar pembayaran, dengan seluruh detail yang telah diisi? Sangat praktis sekali bukan? Inilah yang dilakukan oleh payment link atau tautan pembayaran.

Jika Anda adalah pelanggan yang bertanya-tanya apakah Anda dapat mempercayai payment link, atau bisnis yang berpikir untuk menambahkan payment link sebagai salah satu metode bayar pada website Anda, berikut kami akan mengulas detail tentang apa itu payment link, bagaimana cara kerjanya, bisnis yang kerap kali menggunakan layanan payment link, dan penyedia layanan payment link terbaik. 

Payment link adalah sebuah metode untuk menagih pelanggan secara langsung dengan mengirimkan mereka URL atau QR code yang untuk proses transaksi online. Dengan kata lain, payment link adalah tautan yang digunakan sebagai pengganti metode bayar tradisional atau checkout di keranjang belanja online secara manual. Dalam kebanyakan kasus, payment link akan dikirim melalui teks SMS atau email, tetapi secara teori, link ini dapat disematkan di mana saja, seperti di chat, website, atau aplikasi pemesanan. Sedangkan QR code dapat ditambahkan pada iklan media cetak, tampilan produk, menu, dan lain-lain. 

Dengan pasar metode pembayaran yang sangat beragam, payment link adalah cara yang bagus bagi Anda untuk membantu menyederhanakan proses implementasi metode pembayaran yang sebelumnya sangat rumit menjadi jauh lebih mudah. Hanya dengan 1 link untuk semua metode bayar. 

Cara kerja payment link relatif sederhana, tidak ada proses coding yang terlibat dalam metode bayar ini sehingga Anda tidak membutuhkan jasa seorang programmer. Payment link bekerja melalui aggregator pembayaran. Mereka akan membantu Anda menghasilkan 1 link khusus untuk dibagikan kepada pelanggan. Ini berfungsi melalui metode copy dan paste yang sangat sederhana. Anda dapat meng-copy link Anda dan membagikannya ke pelanggan Anda sehingga mereka dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan.

Beberapa payment aggregator juga memungkinkan Anda untuk mengatur jangka waktu dari payment link, sehingga memudahkan Anda untuk mengingatkan pelanggan agar mereka segera menyelesaikan proses pembayaran. 

Diakui atau tidak, bukan hanya bisnis besar yang bisa menggunakan payment link, bisnis kecil pun bisa memanfaatkan metode bayar ini karena dapat membantu pelanggan terbebas dari beban biaya transfer jika mereka harus melakukan pembayaran melalui bank yang berbeda. 

Pada hakikatnya, payment link lebih baik dan cocok untuk sebagian besar kegiatan bisnis. Lantas jenis bisnis apa yang mungkin mendapat manfaat dari layanan payment link?

  • Pekerja lepas
  • Layanan medis 
  • Layanan profesional
  • Bisnis B2B
  • Ritel frekuensi rendah
  • Layanan kebersihan
  • UMKM

Sedang mempertimbangkan payment aggregator yang bisa memfasilitasi metode bayar menggunakan payment link untuk bisnis Anda? Durianpay bisa jadi solusi cepat untuk pembayaran instan yang satu ini. 

Dengan payment link Durianpay (Instapay), Anda bisa menerima pembayaran meski nilai transaksinya kecil tanpa harus membebankan biaya transfer kepada pelanggan. Mengapa bisa tanpa biaya? Karena di dalam link pembayaran Instapay terdapat berbagai jenis pembayaran, melalui dari metode bayar menggunakan rekening bank, e-wallet, bank digital, QRIS, dan pembayaran tunai melalui gerai retail seperti Indomaret atau Alfamart. Anda dapat memilih untuk menggunakan seluruh jenis pembayaran atau memilih beberapa metode bayar yang umumnya digunakan dan diinginkan oleh pelanggan.

Instapay kami didesain untuk pengusaha berskala mikro sehingga dapat digunakan oleh pelaku bisnis perorangan dengan sistem pengoperasian yang mudah. Utamanya bagi Anda pelaku bisnis yang kerap kali menawarkan barang/jasa melalui platform WhatsApp atau media sosial lain. Tanpa harus mengetik nomor rekening berulang, pelanggan bisa dengan mudah melakukan pembayaran melalui link payment yang sudah Anda bagikan. 

Seluruh payment link yang dibagikan pada pelanggan bisa Anda atur melalui dashboard Durianpay. Di dashboard ini pula Anda bisa mengecek apakah transaksi yang dilakukan pelanggan sudah sesuai, sehingga mereka tidak lagi harus mengirim bukti transaksi pembayaran. Sedangkan untuk pelanggan yang sudah melakukan pembayaran tapi belum melakukan transaksi, tersedia fitur “reminders” yang akan mengirimkan notifikasi untuk segera menyelesaikan transaksi pembayaran. Hanya dengan satu dashboard Durianpay, Anda bisa memonitor seluruh transaksi pelanggan secara otomatis. 

Payment link yang ditawarkan oleh aggregator pembayaran Durianpay sudah dipastikan aman karena menggunakan enkripsi dan tokenisasi untuk melindungi data pembayaran Anda serta mengikuti standar keamanan data Industri Kartu Pembayaran (PCI DSS).

Membuat payment link Instapay, semudah kedipkan mata! Hanya dalam waktu kurang dari 10 menit, link Instapay bisa langsung dibagikan kepada pelanggan Anda. Langkah-langkahnya adalah: buka dashboard Durianpay, kemudian klik tombol Instapay di sebelah kiri. Klik tombol “Buat data baru”. Isi formulir yang terlampir di halaman tersebut, kemudian tentukan nominal, masa berlaku link, hingga detail informasi pelanggan. Setelah itu, klik tombol “Buat data baru” yang ada di bagian kanan bawah. Payment link Instapay Anda siap dikirimkan kepada pelanggan. Mudah, bukan? 

Bukan hanya membuat payment link untuk pelanggan baru, payment link Instapay bisa menyimpan riwayat data pelanggan Anda yang dapat digunakan kembali untuk transaksi selanjutnya. Dengan fitur ini, Anda tak harus membuat data baru untuk pelanggan yang sama. 

Ada sekian alasan mengapa payment link adalah yang terbaik. Pertama, Instapay cocok untuk diterapkan sebagai metode bayar berbagai metode bisnis. Inovasi Durianpay melalui Instapay bertujuan untuk mengatasi semua masalah transaksi yang kerap kali menjadi kendala pelanggan dan pebisnis. Instapay tidak memerlukan coding sehingga Anda tidak akan disulitkan oleh proses setup. Desain interface Instapay modern, tampilan yang simple dan ramah di mata dapat memanjakan pelanggan selama proses transaksi. 

Instapay menyediakan pilihan metode bayar yang lengkap, mulai dari internet banking (Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan Permata Bank), credit card (Visa, Mastercard, JCB, American Express), hingga e-wallet (Dana, OVO, Link Aja, ShopeePay), sehingga pelanggan Anda bisa memilih metode bayar favorit mereka. Instapay disupport oleh APi yang tangguh dan terpercaya, menjamin pencatatan dan pembuatan transaksi pembayaran pelanggan yang lengkap. Ada juga fitur notifikasi yang secara otomatis akan mengingatkan pelanggan bila ada transaksi pembayaran yang harus diselesaikan. 

Tidak berlebihan rasanya jika Instapay disebut sebagai cara termudah menerima pembayaran, baik dari sisi pelanggan maupun pebisnis. Lengkapi metode pembayaran bisnis Anda bersama Durianpay. Durianpay sebagai payment aggregator terbaik Indonesia memungkinkan Anda untuk menciptakan payment link mandiri melalui Instapay sehingga transaksi bisnis Anda dapat terlaksana dan tercatat dengan baik. Coba demo Durianpay sekarang!

Total
0
Shares
Related Posts