10 Penyedia Affiliate Marketing di Indonesia

Banyak yang menganggap bahwa bisnis online hanya terkait dengan penjual, e-commerce, dan pembeli. Padahal, masih banyak aktor yang terlibat dalam bisnis online. Salah satunya adalah affiliate marketing. Mereka adalah pihak-pihak yang ikut membantu memasarkan berbagai produk toko online ataupun e-commerce. Biasanya, mereka akan mendapat komisi dari produk yang berhasil terjual karena rekomendasi, link yang bersumber dari blog, maupun akun sosial media.

Sebagai salah satu bentuk internet marketing, affiliate marketing merupakan cara efektif untuk mendatangkan pembeli. Ada banyak platform ataupun layanan yang menjadi penyedia affiliate marketing, berikut ini 10 di antaranya:

Accesstrade

Meskipun menjadi salah satu jaringan afiliasi terbesar di Indonesia, masih banyak orang belum tahu situs ini. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba affiliate marketing, kesempatan masih terbuka lebar. 

Ada ratusan brand & produk yang berafiliasi melalui Accesstrade. Affiliator akan mendapatkan keuntungan melalui 4 mekanisme. Pertama dengan CPS (Cost Per Sales), artinya afiliator akan mendapatkan komisi dari tiap transaksi penjualan. Kedua adalah CPL (Cost Per Lead), setiap ada pelanggan yang mendaftar atau mengunjungi website akan menjadi komisi bagi affiliator.

Ketiga adalah CPC (Cost Per Click). Setiap klik yang menuju ke produk atau brand memberikan komisi pada afiliator. Keempat, CPI (Cost Per Install) mirip seperti CPL, CPI didapat tiap ada yang menginstal  suatu aplikasi. Brand aplikasi berbasis layanan game, e-commerce, life tools dan lainnya banyak menggunakan CPI.

Lazada

Siapa yang tidak kenal platform e-commerce ini? Selain pelopor, Lazada juga salah satu market leader dari berbagai brand e-commerce. Sehingga, pengunjung dan penggunanya sudah pasti mencapai jutaan. Menjadi afiliator di platform ini menawarkan komisi 10%. Ini adalah kesempatan emas untuk meraih keuntungan.

Blibli

Sama seperti Lazada, Blibli juga salah satu pelopor e-commerce terkemuka. Blibli juga menyediakan program afiliasi untuk memasarkan berbagai produknya. Tapi, bedanya Anda tidak perlu mempromosikan produk satu persatu. Jadi, jauh lebih praktis. Komisi yang diperoleh menggunakan sistem CPS (Cost Per Sales), atau komisi akan cair tiap ada penjualan. 

Bukalapak

Bukalapak juga membuka program affiliate marketing untuk meningkatkan penjualan produk-produknya. Afiliator dapat memilih kategori produk yang ingin mereka pasarkan. Komisinya berkisar antara 2-5%. Penjual barang bekas atau grosir banyak menggunakan Bukalapak.

Shopee

Sebagai e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Shopee melakukan pemasaran melalui iklan berbayar yang masif. Meski demikian, mereka tetap membuka program affiliate marketing. Komisi yang ditawarkan cukup besar. Mulai dari 5-10% di tiap penjualan yang berhasil. Menarik, bukan?

Domainesia

Platform yang satu ini bukan e-commerce melainkan layanan hosting. Domainesia menawarkan program afiliasi. Anda akan mendapatkan komisi jika berhasil mendapatkan pelanggan untuk mereka. Komisinya mulai dari 40 ribu hingga jutaan rupiah. 

Dewabiz

Berbeda dengan layanan lainnya, Dewabiz bukanlah sebuah e-commerce, tapi layanan hosting. Ini menjadi bukti bahwa kesempatan affiliate marketing tidak cuma terbuka untuk e-commerce, tapi juga layanan lainnya. Komisi yang didapatkan sekitar 40% dan dinilai cukup besar. Setelah mendaftar, Anda akan mendapat Rp 50.000, 00 nantinya komisi baru dicairkan setelah saldo mencapai Rp 500.000, 00. 

Baca juga: Mengapa Penting Daftar Bisnis Online?

Niagahoster

Serupa dengan Dewabiz. Niagahoster juga penyedia layanan domain dan hosting terbaik di Indonesia. Jika memilih menjadi afiliator niagahoster, Anda dapat mendapat komisi hingga 70% lho! 

Digital Product Sale

Selain brand-brand layanan yang besar, ada juga penyedia program affiliate marketing dalam skala yang kecil. Misalnya, Digital Product Sale ini. Platform ini banyak menjual bahan-bahan materi untuk para pedagang online. Tentu banyak pebisnis online yang membutuhkan layanan ini. Jadi, prospek mengikuti program affiliate marketing platform ini sangat menarik. 

Zuper.id

Platform Zuper.id merupakan layanan e-course dan software untuk para pebisnis online. Zuper.id juga punya program affiliate marketing yang menarik. Anda perlu mencobanya, karena banyak pebisnis online yang menggunakan layanan edukasi bisnis yang ditawarkan Zuper.id. 

Itulah 10 penyedia affiliate marketing yang ada di Indonesia. Anda dapat memilih program affiliate marketing sesuai dengan minat Anda. Selamat mencoba!

Total
0
Shares
Related Posts