5 Tips Bisnis Online Untuk Pemula!

Kemudahan tekonolgi memungkinkan adanya perkembangan cara berbisnis. Pebisnis yang sebelumnya berjualan offline pun kini banyak beralih atau melebarkan sayap ke bisnis online karena lebih praktis, murah, dan memiliki jangkauan luas. Tidak heran jika bisnis online menarik para pemula untuk mulai terjun. Mereka memerlukan tips bisnis online pemula yang jitu. Berikut ini adalah beberapa tipsnya!

Temukan Minat Anda

Sebelum merencanakan bisnis online, Anda perlu pahami dulu minat bisnis yang cocok dengan  Anda. Tidak banyak orang yang berpikiran bahwa menemukan minat ini penting. Minat akan menjadi kunci dalam bisnis, baik online maupun offline.

Meskipun dianggap remeh karena tidak langsung menyentuh ranah bisnis,tapi dengan memahami diri, perencanaan bisnis akan lebih mudah.Minat yang sesuai dengan diri Anda dapat memberikan kejelasan tujuan untuk berbisnis, target market,  hingga cara promosi pun akan disiapkan secara lebih matang.

Beberapa tahun di masa awal bisnis akan menjadi masa yang penuh dengan tantangan. Anda akan menemukan banyak halangan, rintangan, dan faktor-faktor lain yang dapat mematikan semangat dalam menjalani bisnis Anda. Sebagai pemula dalam dunia bisnis, minat akan berperan penting di masa krusial ini. Menjalankan bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat akan memberikan Anda keuntungan dari sisi energi, semangat, dan visi misi yang kuat. Minat juga akan membantu Anda untuk mengerti bisnis Anda lebih dalam sehingga menemukan ide dan jalan keluar tidak akan sesulit melakukan sesuatu diluar minat. 

Positive Asian man pointing finger aside. Young guy recommending something. Advertisement concept. Isolated front view on white background.

Tentukan Target Pasar Anda 

Minat dan bakat saja tidak cukup tanpa dilengkapi dengan pengetahuan Anda terhadap pasar. Buatlah brand Anda selaras dengan kebutuhan pasar, khususnya target pasar dari produk Anda. Secara pengertian, target pasar adalah sekumpulan konsumen yang memiliki karakter dan kebiasaan belanja yang sama. Target pasar berbeda dengan pemasaran secara massal, karena lebih terarah dan mengerucut. Pemasaran dengan menentukan target spesifik dapat membawa keuntungan dan penjualan yang lancar. Tidak cukup untuk menentukan target pasar, Anda juga harus mengerti rata-rata penghasilan target, harga produk yang diminati target, hingga apa yang membuat produk Anda dapat memenuhi kebutuhan target.

Pilih Platform untuk Jualan

Setelah menentukan barang dagangan serta target market, saatnya untuk memilih channel berjualan. Anda dapat berjualan online di e-commerce, website sendiri, media sosial hingga WhatsApp. Pemilihan platform ini merupakan tips bisnis online pemula yang cukup krusial. Pasalnya, platform jualan berkaitan erat dengan target market. Anda perlu memahami di mana saja target market Anda berada. Pengguna berusia 22-40 tahun lebih banyak menggunakan Instagram. Jika mereka berumur 40 tahun ke atas maka mereka akan banyak berada di Facebook. Pola-pola perlu Anda pelajari agar penempatan lapak nantinya akan tepat sasaran. 

Selain itu, Anda juga perlu memahami karakteristik masing-masing e-commerce, mana yang lebih cocok untuk menjajakan barang dagangan Anda. Pelajari juga layanan pelanggan yang mereka tawarkan, user experience hingga desain menawan yang mereka tawarkan. 

Baca juga: 3 Tips Berjualan di TikTok untuk Pemula!

Strategi Promosi yang Jitu

Setelah mantap menentukan 3 hal penting yakni, minat, produk, dan platform jualan, kini saatnya bagi Anda untuk merencanakan strategi promosi. Promosi berbayar maupun gratis perlu direncanakan dengan baik.  

Untuk promosi berbayar, Anda dapat menggunakan kanal Instagram Ads, Facebook Ads, hingga Google Ads. Kanal-kanal ini sangat efektif untuk menggaet pelanggan karena dapat membagi target berdasarkan segmen. Mulai dari jenis pekerjaan, rentang gaji, usia, hingga gender.  Dengan demikian, iklan Anda akan mentarget akun-akun yang berpotensi menjadi pelanggan Anda. 

Selain promosi berbayar, Anda juga perlu membuat konten berkelanjutan yang sifatnya organik. Konten jenis ini dapat memuat promosi yang saling berkaitan satu sama lain. Selain dapat membangun brand secara organik, konten berkelanjutan juga dapat mendekatkan produk Anda pada pelanggan. Misalnya, konten ucapan selamat di hari-hari besar. Meski tidak langsung mengajak untuk membeli barang, konten tersebut dapat membuat pelanggan selalu merasa dekat dan hangat di mata pelanggan. 

Siapkan Sistem Pembayaran yang Mumpuni

Pebisnis di e-commerce sudah memiliki sistem pembayaran sesuai platform. Namun, jika Anda memilih untuk membuat website sendiri, Anda perlu memilih platform pembayaran yang mumpuni. Platform pembayaran berteknologi terkini yang mampu mengakomodir berbagai pilihan pembayaran. Durianpay merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

Sebagai pelopor payment aggregator di Indonesia, Durianpay melibatkan semua metode pembayaran dengan biaya integrasi murah dan mendukung bisnis Anda, baik dengan website maupun tanpa website. Informasi selengkapnya mengenai Durianpay dapat Anda akses kapan pun.

Total
0
Shares
Related Posts