Pengertian Virtual Account dan Cara Kerjanya!

Jika Anda sering bertransaksi digital, istilah virtual account mungkin sering Anda dengar. Biasanya virtual account ada sebagai pilihan pembayaran di antara pilihan e-wallet, transfer bank, hingga kartu kredit. Sebenarnya, apa itu virtual account? Mengapa virtual account sering dipilih sebagai metode pembayaran? 

Apa itu Virtual Account?

Virtual account merupakan akun/rekening bank yang dibuat secara virtual dan terdiri dari kombinasi angka yang unik. Pada saat transaksi, kombinasi angka ini akan menjadi identifikasi pembayaran. Meski punya fungsi yang sama dengan rekening bank biasa, virtual account punya perbedaan yang signifikan dengan rekening biasa. 

Perbedaan virtual account dan rekening bank biasa terletak pada cara kerjanya. Nomor kombinasi khusus pada virtual account lebih memudahkan penerima dana, dalam konteks ini adalah pebisnis online. Jadi, Anda dapat untuk mengetahui siapa yang mengirim dana secara otomatis. Fasilitas ini dapat menghindari kesalahan pengirim yang lupa mengetik nama atau keterangan saat transfer. 

Baca juga: Transformasi Sistem Pembayaran Digital di Indonesia

Keuntungan Menggunakan Virtual Account

Selain menghindari kesalahan, memahami apa itu virtual account punya banyak keuntungan lain. Pertama, transaksi lebih cepat & praktis. Tanpa perlu konfirmasi transfer dari pengirim, pedagang online langsung dapat memproses pesanan dari pelanggan. Makin cepat pesanan dikirim, makin puas pula pelanggan Anda. 

Kedua, pembukuan transaksi jadi lebih rapi, sehingga akan memudahkan Anda sebagai pedagang online. Anda tidak perlu mencocokkan data pesanan dengan data konfirmasi dari pelanggan. Data pesanan sudah pasti akan cocok dengan pembayaran, karena pelanggan tak perlu konfirmasi. Sistem virtual account mampu melakukan konfirmasi secara otomatis. 

Ketiga, transaksi dengan virtual account sudah pasti aman. Dengan infrastruktur bank yang sudah mapan dan teruji, kemungkinan gagal transfer pun sangat kecil. Dana akan otomatis masuk ke rekening Anda setelah pelanggan mengirimkan ke nomor virtual account yang Anda sediakan. 

Cara Kerja Virtual Account

Untuk lebih memahami apa itu virtual account, Anda perlu memahami pahami cara kerjanya. Anda pun tak perlu pusing untuk mengintegrasikannya di toko Anda. Durianpay dapat membantu Anda menyediakan pilihan pembayaran virtual account pada toko Anda. Berikut ini adalah cara kerjanya

  1. Setelah pembeli memilih metode pembayaran virtual account. Maka, mereka akan menerima nomor invoice atau nomor VA yang spesifik untuk transaksi. Tenang! Proses ini dapat terjadi secara otomatis jika Anda mengintegrasikan Durianpay pada sistem pembayaran toko Anda. 
  2. Selanjutnya, nomor VA akan dihubungkan pada pembeli dan invoice.
  3. Setelah pembayaran diterima, akan ada notifikasi yang Anda terima. Anda pun dengan mudah dapat mengidentifikasi pembayaran tersebut. 

Durianpay dapat membantu Anda menerima pembayaran virtual account dari berbagai bank terkemuka di Indonesia, seperti BCA, BNI, Mandiri hingga Permata. Penasaran ingin pelajari layanan Durianpay? Klik di sini!

Total
0
Shares
Related Posts